Batasi 7 Makanan Penyebab Batu Ginjal Ini

Batasi 7 Makanan Penyebab Batu Ginjal Ini


Banyak yang tak sadar, penyebab utama batu ginjal adalah pola makan.


Ginjal termasuk organ yang sangat penting, terutama untuk sistem metabolisme yang bertugas mengatur sistem pembuangan racun dari dalam tubuh. Menjaga ginjal tetap sehat dan berfungsi sempurna harus dilakukan, karena kerusakan fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh yang berpotensi merusak ginjal.

Salah satu penyakit yang dapat merusak fungsi ginjal adalah batu ginjal. Batu ginjal banyak diderita para pria, namun wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas sangat rentan menderita batu ginjal.

Batu ginjal sendiri merupakan gumpalan mineral padat yang terbentuk dari kalsium dan oksalat serta asam urat yang bersarang dalam saluran kemih. Banyak yang tidak menyadari jika penyebab utama penyakit batu ginjal adalah pola makan. Hem, kira-kira apa saja jenis makanan yang harus dihindari agar tidak terkena batu ginjal? Agar lebih jelasnya, ada baiknya simak Batasi 7 Makanan yang Sebabkan Penyakit Batu Ginjal berikut ini :

1. Kafein

Minuman berkafein memang nikmat, namun jika berlebihan dapat menyebabkan batu ginjal. Kenapa demikian? Karena minuman berkafein dapat meningkatkan kadar kalsium dalam urine sehingga memberatkan kinerja ginjal. Minuman berkafein yang harus dibatasi, antara lain : teh, kopi dan soda.

2. Pemanis buatan

Penelitian menyebutkan, jika mengonsumsi pemanis buatan dalam jangka panjang dapat merusak fungsi ginjal. Oleh karena itu, usahakan gunakan

3. Daging

Kandungan protein dan asam urat dalam daging dapat memicu pembentukan batu ginjal yang lama-kelamaan dapat sebabkan kerusakan pada ginjal. Kenapa demikian? Limbah protein dan asam urat sangat sulit dikeluarkan oleh ginjal. Oleh karena itu, batasi konsumsi daging dan perbanyak buah dan sayur yang lebih menyehatkan.
pemanis alami yang lebih baik dan ramah untuk tubuh, contohnya : madu.

4. Makanan asin

Sering mengonsumsi makanan yang mengandung sodium kurang b aik untuk kesehatan ginjal, karena sodium memicu terbentuknya batu ginjal. Oleh karena itu, hindari makanan yang mengandung banyak garam.

5. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi memang menyegarkan tubuh untuk sementara, namun kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. DIantara minuman berkarbonasi yang harus dibatasi atau dihindari, antara lain :minuman bersoda, minuman energi, dan jus kemasan.

6. Makanan kaya purin

Mengonsumsi makanan tinggi purin dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. Diantara makanan yang kaya purin, antara lain : sarden, kuning telur, daging, dan lain sebagainya.

7. Produk susu

Kalsium tinggi memang baik untuk tulang, namun bagi Anda yang memiliki masalah pada ginjal, kalsium bisa menjadi musuh terbesar Anda. Kenapa demikian? Karena kalsium dapat menyebabkan meningkatnya ekskresi kalsium pada urin sehingga limbahnya sulit dibuang dan memicu penumpukan batu ginjal.

Dengan membatasi atau menghindari makanan yang tersebut diatas, kita dapat mengurangi risiko terkena penyakit batu ginjal. Semoga informasi yang berjudul Batasi 7 Makanan yang Sebabkan Penyakit Batu Ginjal diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber : Suara.com

Artikel Artikel Update Terkini Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top